Desa Birun Merangin, Rawan Longsor

Jumat, 05 Februari 2016 | 13:30:36 WIB | Dibaca: 11067 Kali

JALAN: Jalan Birun Kecamatan Pangkalan Jambu yang sering lonsor.

MERANGIN - Pengendara yang melintasi jalan lintas Merangin Kerinci  tepanya di desa Birun Kecamatan Pangkalan Jambu hendaklah berhati-hati dalam berkendara, betapa tidak pada jalan tersebut terjadi penyempitan jalan dan rawan akan terjadinya tanah longsor. Bahkan ada 4 titik yang saat ini bahu jalan tersebut tertimbun lonsor.

 

Camat pangkalan jambu M kamil mengatakan, ruas jalan yang terletak di desa birun hingga kini sering terjadi longsor, bahkan hingga saat ini di perkirakan ada 4 titik yang masih tertimbun tanah lonsor, meskipun tidak terlalu mengganggu pengguna jalan, namun pengendara yang melintas yang pastinya harus berhati -hati.

 

"Jalan penghubung yang ada di dua wilayah tersebut memang rawan terjadi longsor mengingat kondisi jalan di lokasi tersebut merupakan wilayah perbukitan dan juga tanah di sejumlah lereng  bukit menjadi lembut akibat hujan yang sering mengguyur kabupaten merangin," katanya.

 

Dikatakannya, di jalan penghubung itu sendiri pada beberapa bulan terakhir memang sempat terjadi longsor akibat curah hujan yang cukup tinggi, bahkan beberapa waktu lalu  sempat membuat kemacetan akibat bahu jalan yang tertimbun longsor.

 

Di sebutkannya ,Potensi longsor di wilayah Birun tersebut memang sangat besar terjadi menyusul banyak di antara wilayah  ini yang terdiri dari perbukitan yang tinggi di pinggiran jalan, sehingga banyak tebing terjal yang rawan longsor.

 

“Ya, kerena banyak tebing yang terjal di pinggir jalan, maka sering lonsor di daerah birun tersebut,”tukasnya.

 

Terkait hal tersebut dirinya meminta kepada pemerintah kabupaten merangin untuk menyiapkan dana tanggap bencana lonsor, sehingga jika terjadi lonsor di bahu jalan cepat diatasi.(amn)