11 Mei, Pilkades Sarolangun Dimulai

Jumat, 19 Februari 2016 | 13:22:06 WIB | Dibaca: 83 Kali


SAROLANGUN- Sedikitnya ada 57 Desa pada tahun 2016 ini di Sarolangun akan habis masa jabatan Kades dan akan dilakukan pemilihan ulang. Rencanaya pemilihan ulang ini akan dilakukan secara serentak pada hari dan tanggal yang sama.

‘’Jadwal Pilkades serentak pelaksanaanya 11 Mei 2016 ini. Namun perlu diingat calon Kades kali tak hanya mengantongi dukungan dari masyarakat saja, walau banyak dukungan bisa saja para calon kades ini tidak lulus seleksi karena tidak memenuhi persyaratan sesuai dengan Perda Pilkades yang disahkan 2015 lalu,’’ sebut Kepala BPMPD Sarolangun, Muhaamd Zaidan.

Untuk menghindar adanya politik uang dalam pilkades, akunya, pihaknya sudah menghimbau kepada masyarakat dan panitia pelaksana pemilihan. Bahkan untuk mencegah hal itu, di Kecamatan Cermin Nan Gedang (CNG) pihak kecamatan membuat komiitmen dan pernyataan dengan panitia dan bagi calon kades agar Pilkades bersih dari politik uang dan barang. “Di CNG mereka (calon red) di sumpah agar tidak melakukan politik uang dan jika kedepatan siap mendapat sangsi. Dan ini diterima dan direspon baik oleh panitia dan masyarakat.” bebernya.

Zaidan mengatakan Calon kades harus bisa baca tulis Alquran, sebagaimana yang diatur di Perda. ‘’Namun untuk hal ini para kades akan dites panitia yang sudah dibentuk dan juga didukung dengan Perbup untuk pelaksanaanya dilapangan nantinya,’’ tandasnya.

 (dez)