Desa Kemuning, Latih Petani Dalam Pengendalian Hama

Selasa, 23 Februari 2016 | 13:26:31 WIB | Dibaca: 10412 Kali


KUALATUNGKAL - Pengendalian hama yang seharusnya diketahui para petani dalam berkerja bercocok tanam demi meningkatkan penguatan daya tahan tanaman perlu dilakukan bagi setiap petani. Hal tersebut ternyata sudah dilatih dalam pengendalian hama yang dilakukan Desa Kemuning kecamatan Bram itam.


‘’Kami telah memberi pelatihan pengendalian hama dan peningkatan mutu produksi padi. Kami bikin pelatihan pengendalian hama dan peningkatan produksi padi, untuk para petani, itu penting untuk wilayah kami," ujar Santoso Kades Kemuning.

Pengendalian tersebut seiring dengan pembangunan infrastruktur desa untuk mobilitas warga dalam perekonomuian.  Dari dana desa lalu, Desa Kemuning telah merealisasikan jalan setapak beton sepanjang 660 meter. Tahun 2016 ini, perencanaan pembangunan infrastruktur yang sama pun akan dilanjutkan yang diperkirakan sepanjang 1.300 meter. "Memang masyarakat memerlukan itu, untuk mobilitas kita," tambahnya.

Rencana pembuatan BUMDES pun akan dilakukan pihak desa mengingat potensi desa sangat besar. Kata dia potensi yang bisa dimanfaatkan adalah potensi penampungan pinang dan kelapa dalam. Iapun mengharapkan bantuan dan support pemerintah daerah dalam perencanaan tersebut. Terlebih pengalokasian program gemma desa. "Kami harapkan kalau bisa untuk APBD bisa menambah alokasi GEMMA desa, untuk propinsi bisa mengucurkan juga," tandasnya.

 (sun)