Kades Minta Irigasi di Kumun Diperbaiki

Selasa, 01 Maret 2016 | 13:39:19 WIB | Dibaca: 10447 Kali

JEBOL: Irigasi yang dibangun akhir 20115 lalu ini jebol.

SUNGAIPENUH-  Beberapa titik irigasi di Desa Kumun Mudik, Kecamatan Kumun Debai jebol akibat hujan deras yang mengguyur Kota Sungaipenuh beberapa waktu belakangan ini. 

Irigasi yang dibangun akhir tahun 2015 lalu di Desa Kumun Mudik, Kecamatan Kumun Debai itu jebol pada 8 Februari lalu. Tidak kurang 20 meter kiri kanan Irigasi ini yang jebol.

‘’Irigasi jebol di desanya ini sangat berpengaruh dengan lingkungan masyakarat, karena berdekatan dengan lingkungan masyarakat. Pemerintah Desa sudah menyurati Dinas PU untuk perbaikan.  tapi belum ada respon. Jebol riigasi sekitar 20 meter, kiri kanan irigasi," ujar Ainal Fari.

Disebutkannya, irigasi yang jebol tersebut berada diperkampungan warga, sehingga, sangat rentan terhadap bencana. "Sekarang kan musim hujan, kita takut rumah dan pagar warga disepanjang irigasi ini terkena imbasnya," tuturnya.

Sementara itu Kadis PU Kota Sungaipenuh, melalui Sekretaris Dinas PU, Martin Kahpiasa, menyebutkan, pihaknya belum menerima laporan dari Pemerintah Desa. "Mungkin suratnya langsung ke bidang, kalau dengan saya belum ada," ujarnya.

Terkait dengan kejadian tersebut, kalau memang kegiatannya belum lama ini, dirinya akan berkoordinasi dengan bidang. "Kita akan koordinasi dengan bidang, kalau memang masih tanggungan kontraktor, kita akan perintahkan  kontraktornya lakukan perbaikan," katanya.

Sementara Kabid Bina Marga Dinas PU Kota Sungaipenuh, Khalik Munawar, mengaku belum merima laporan dan surat dari kades Kumun Mudik. "Yang ada laporan dari Kades Ulu Air, juga berkaitan dengan Irigasi," katanya.

(dik)