125 Pelaku Usaha Pamerkan Produk Unggulan

Jumat, 05 Agustus 2016 | 10:32:30 WIB | Dibaca: 64 Kali

PAMERAN: Ketua TP PKK Kota Jambi Yuliana Fasha mendampingiSekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan meninjau pameran di Lapangan kantor Walikota Jambi.

JAMBI - Kementerian Perdagangan menggelar Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri (PPDN) sejak tanggal 4 hingga 7 Agustus 2016 di Kota Jambi. Tujuan untuk meningkatkan akses pasar dan daya saing sekaligus cinta dan bangga produk dalam negeri.

Srie Agustina, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan RI mengatakan, ada 125 pelaku usaha kecil yang berasal dari 12 Provinsi di Indonesia yang mengikuti pameran. Diantaranya, Maluku Utara,  Sulawesi Utara,  Sulawesi Barat,  Maluku,  Jawa Timur,  Jawa Tengah, Yogyakarta,  Papua Barat.  Kemudian Kalimantan Barat,  Kalimantan Tengah,  Jawa Barat,  dan Banten.

Sejak 2006 hingga 2015,  PPN PPDN memberikan peluang kepada 3 ribu pelaku usaha untuk menghadirkan ragam pangan dalam kemasan,  kuliner nusantara,  serta produk dalam negeri potensial.

“Kami mendorong kemitraan antara pelaku UKM dengan pengusaha besar sehingga jaringan pemasaran produk lokal tidak hanya terbatas di regional saja, tapi, secara nasional,” ujar Srie.

Total transaksi mencapai Rp 19,5 M. Rata-rata jumlah pengunjung 70 hingga 290 ribu orang dalam empat hari. “Potensi daerah harus terus dikembangkan,” katanya.

Dengan demikian, wirausaha baru yang kompeten bisa bertumbuh dan tercipta lapangan pekerjaan. Fasilitasi yang disediakan bagi para peserta PPN PPDN, 111 gerai untuk mempromosikan produk terbaiknya. Terdiri dari 56 stand PPN dan 55 stand PPDN.

“Ada pula 14 stand lainnya yang digunakan untuk promosi produk kuliner khas Jambi,” ujarnya.

Kerjasama juga dilakukan dengan pihak perbankan untuk mempermudah akses pembiayaan bagi pelaku usaha dalam bentuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat(KUR) Mikro. (hfz/mg1)