Sampah Menumpuk, AJB Intruksikan PU dan LHK Bertindak

Jumat, 15 Desember 2017 | 13:24:13 WIB | Dibaca: 201 Kali

GUSNADI/JAMBIEKSPRES
SAMPAH: Terlihat sampah menumpuk di bantaran Sungai Air Sempit, Kecamatan Hamparan Rawang, Kota Sungai Penuh.

SUNGAIPENUH - Banyaknya keluhan warga terkait menumpuknya sampah dibantaran Sungai Air Sempit, di Kecamatan Hamparan Rawang, Kota Sungai Penuh.Akhirnya membuat Walikota Sungai Penuh, Asafri Jaya Bakri intruksikan Dinas PU dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan(DLHK) Kota Sungai Penuh untuk segera bertindak.

Menurut informasi dari warga setempat, adanya tumpukan sampah di sungai disebabkan sungai yang kerap meluap beberapa waktu lalu. "Ya, aliran air sungai sulit mengalir akibat sampah yang menumpuk dialiran Sungai Air Sempit. Jika sampahnya tidak diangkat dan diambil, bisa jadi sungai akan meluap dan kami akan kebanjiran. Makanya kami minta perhatian dari Pemkot Sungaipenuh," ujar Sujito, warga Dusun Air Sempit Desa Simpang Tiga Rawang.

Sementara Camat Hamparan Rawang, Sev Eka Putra dikonfirmasi harian ini Kamis(15/12) kemarin membenarkan adanya laporan dari masyarakat terkait tumpukan sampah dialiran Sungai Air Sempit.

Dikatakannya, terkait keluhan, Walikota Sungai Penuh telah mengintruksikan Bidang Pengairan Dinas PU Kota Sungai Penuh dan Dinas LHK Kota Sungai Penuh untuk segera bertindak. "Benar, kita mengucapkan terima kasih kepada Bapak Walikota yang langsung memerintahkan Dinas terkait untuk membersihkan sampah yang dikeluhkan warga Hamparan Rawang. Rabu(13/12) kemarin, alat dari Dinas PU telah mengangkat sampah yang menumpuk dari sungai ke pinggiran jalan. Aliran sungai Air Sempit sudah kembali lancar," kata Camat.

Camat juga menambahkan, dirinya sudah mendapat informasi dari DLHK Kota Sungai Penuh terkait masalah pembuangan sampah yang saat ini ditumpukkan sementara dipinggiran Jalan Air Sempit Tanah Kampung. Dikatakannya, bahwa dalam beberapa hari kedepan Bidang Kebersihan berjanji akan mengangkut dan membuang sampah tersebut. Dia juga menyebutkan, bahwa pihaknya dapat memaklumi kenapa DLHK belum juga mengangkut sampah tersebut.

"Ya, Bidang Kebersihan DLHK kota Sungaipenuh sudah janji akan akan mengambil sampahnya. Hanya saja, keterbatasan Armada pengangkut sampah. Kita harap masyarakat bisa bersabar, nanti sampahnya tetap akan diambil," tandasnya.

(adi)