7 ASN Tanjabbar Positif Narkoba

Jumat, 15 Desember 2017 | 13:45:00 WIB | Dibaca: 291 Kali


KUALA TUNGKAL – Sebanyak 7 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Tanjab Barat (Tanjabbar) dipastikan positif Narkoba.

Ini setelah hasil tes urine terhadap 241 orang ASN diumumkan secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Ambok Tuo, kemarin (14/12).

Menurutnya, ratusan ASN yang dires urine itu terdiri dari Para Pejabat Tinggi Pratama Eselon II,  Administrator Pengawas Eselon III, Para Camat, Sekretaris Camat, serta Pejabat Eselon IV UPTD Dikbud, Kelurahan dan Puskesmas serta Satpol PP yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Selain ratusan pejabat, tes urine ini juga diikuti oleh Bupati Tanjab Barat, Drs. Ir. H. Safrial, MS dan Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib.

"Jadi semua yang mengikuti tes urine ada 241 orang, dan dari hasil tes urine yang dilakukan ada 7 orang yang  positif menggunakan narkoba jenis obat-obatan," ujar sekda Kamis (14/12) kemarin  di dampingi Kepala BKP-SDM Tanjung Jabung Barat Encep Jarkasih.

Menurutnya, seharusnya ada 261 orang pejabat pada saat tes urine tersebut, namun hanya 216 orang pejabat yang hadir, 45 orang nya tidak hadir dikarenakan ada urusan kedinasan, dan 25 orang dari Satpol PP Tanjab Barat.

Ditambahkannya, dari 7 orang yang positif mengkonsumsi narkoba itu baru 5 orang yang sudah dipanggil.

“Mereka semua mengkonsumsi obat-obatan  yang terindikasi mengandung narkoba seperti afrazolam, aftor, metalon. Sudah dipanggil dan mereka mengkonsumsi karna ada penyakit dan itu semua dari resep dokter. Kami belum bisa menyembutkan nama-namanya, karena akan kami dalami dulu dan kami akan meminta keterangan dari dokter,” beber sekda.

Menurutnya, pihak pemkab Tanjabbar akan tetap terus melakukan tes urine ke setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjabbar sesuai dengan target yang telah disusun. Hasil tes yang didapatkan benar-benar akurat dan merupakan langkah awal untuk mendeteksi penggunaan narkoba di kalangan pejabat.

“Tujuannya meningkatkan kinerja Pemkab Tanjab Barat dalam memberikan pelayanan prima. Nantinya setelah tes urine ini, pejabat Pemkab bersih dari narkoba maupun obat-obatan yang dapat  merugikan masyarakat,”  terangnya.

Sekda menegaskan, tes urine tersebut sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah untuk menjadikan pejabat terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

 “Tes urine ini akan berlanjut kepada ASN level tingkat bawah untuk memastikan pejabat Pemkab Tanjab Barat bersih dari narkoba,” pungkasnya.

(sun)