Bangun Bungo Smart Disetiap Desa, Manfaatkan Dana Desa

Selasa, 02 Januari 2018 | 11:03:47 WIB | Dibaca: 186 Kali


Hasilkan Pendapatan Asli Desa

MUARA BUNGO - Pemerintah Kabupaten Bungo bekerjasama dengan yayasan Desa Tuntas berencana akan mendirikan retail modern di seluruh pedesaan, namanya Bungo Smart.

Hal ini disampaikan langsung oleh M Mahilli salah satu pengurus desa tuntas. Ia mengatakan, toko eceran modern tersebut selain menjual produk bermerek, juga akan menjual produk lokal. Tujuannya untuk meningkatkan Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Bungo.

"Ini untuk mencapai program pemerintah Kabupaten yakni Bungo Maju Sejahtera 2021. Tentunya dengan meningkatkan IKM akan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat ," kata Mahilli.

Dijelaskannya,  Bungo Smart ini nantinya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Sumber dananya bisa diambil dari Anggaran Dana Desa (ADD). Pengelolaan harus dibuat transparan.

"Kedepannya desa tidak hanya bergantung anggaran dari Pemerintah, tapi semua desa juga bisa menghasilkan Pendapatan Asli Desa. Dengan demikian Bungo Master akan cepat terwujud ," jelas Mahilli.

Mahilli mengatakan, setiap desa di Kabupaten Bungo saat ini sudah membentuk BUMDES. Hanya saja sudah ada yang terbentuk dan ada juga yang masih dalam proses pembentukan. Targetnya, ditahun 2018 ini BUMDES disemua desa sudah ada.

"Kalau yang sudah siap saat ini Kecamatan Pelepat Ilir. Mereka lebih dahulu siap dari segi SDM, maka nantinya akan kita jadikan percontohan terlebih dahulu, baru lainnya akan menyusul ," jelasnya.

Mahilli menyebutkan, BUMDES tidak hanya akan mengelola toko Bungo Smart saja. Tapi juga bisa mengelola apa yang ada sesuai potensi di desa masing-masing. "Jika ada potensi lain maka akan kita kembangkan juga ," tutup Mahilli.

(ptm)