Hasil Panen Padi Tanjabtim 2017 Capai 90 Ribu Ton

Selasa, 02 Januari 2018 | 11:12:46 WIB | Dibaca: 215 Kali


MUARASABAK - Hasil panen padi di Tanjab Timur tahun 2017 mencapai 90 ribu ton. Angka ini dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Tanjabtim dan sebagian masyarakat Provinsi Jambi. 

Hanya saja, kualitas beras yang dihasilkan menurun. Bahkan,  beras yang dihasilkan tidak sempurna, dimana banyak terdapat bercak merah dan banyak yang patah pada beras. "Ini perlu koreksi mendasar terutama untuk meningkatkan kualitas panen," ungkap Kadis Ketahanan Pangan Tanjab Timur, Idris.

Dijelaskan, penyebab rendahnya kualitas beras hasil panen di Tanjab Timur, karena musim hujan seperti yang terjadi saat ini. Sebab, kadar air yang terkandung didalam bulir padi belum sepenuh nya kering saat dilakukan penggilangan, sehingga banyak yang patah dan bebercak merah. "Ini akan menjadi evaluasi kita kedepannya. Yang jelas tahun ini kualitasnya memang sedikit menurun karena cuaca juga tidak mendukung, " katanya. 

Namun demikian, meski kualitas kurang baik, tetapi beras yang dihasilkan tetap baik untuk di konsumsi. Apalagi beras yang dihasilkan tanpa bahan pengawet dam pemutih.  "Murni karena kadar airnya aja,tapi untuk di konsumsi tidak masalah," tandasnya. (oni)