Kebut Pekerjaan DAK, Sedang Proses Lelang, Maret Mulai Berjalan

Senin, 22 Januari 2018 | 12:11:41 WIB | Dibaca: 589 Kali


JAMBI - Pemerintah Kota Jambi masih memfokuskan pembenahan infrastruktur pada anggaran 2018.  Total ada Rp 172 M yang disiapkan Pemerintah melalui Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Jambi. Dari total anggaran itu Rp 69 bersumber dari DAK dan Rp 103 M dari APBD Kota Jambi. Ada 13 ruas jalan yang akan dibangun dengan anggaran yang bersumber dari DAK.

Ajrisa Windra, Kepala Bidang Binamarga Dinas PUPR Kota Jambi mengatakan, sejumlah pembangunan tersebut merupakan pelebaran jalan dengan parit tertutup. Saat ini sedang berlangsung proses lelang. “Total DAK kita Rp 69 M,” katanya.

Ajrisa menyebutkan, pada awal Maret mendatang semua pekerjaan dari sumber DAK sudah mulai berjalan. “Kita ngejar DAK ini, biar nanti di perubahan bisa dapat lagi,” sebutnya.

Dana DAK memang fokus untuk pembangunan jalan status Kota. Sebab, untuk jalan lingkungan, sudah disiapkan anggaran dari APBD sebesar Rp 103 M. “Pembangunan kita memang pelebaran dengan parit tertutup, tapi kalau jalannya berlobang tetap diperbaiki,” imbuhnya.

Jalan buruk di Kota Jambi saat ini sebut Dia, tinggal 10 persen. Setelah dibangun pada 2018 ini, jumlahnya tentu berkurang. “Target kita tinggal 5 persen lagi jalan buruk. Walaupun tidak bisa dicapai, minimal sudah dibawah 10 persen,” jelasnya.

Ajrisa menyebutkan, pihaknya juga menyiapkan anggaran untuk pemeliharaan jalan status Kota. 2018 ini Rp 2,5 M disiapakan Pemerintah untuk pemeliharaan.

13 titik Jalan yang akan dibangun mengggunakan DAK itu, diantaranya, Jalan Kemas Saleh. Jalan Ir. H. Juanda. Jalan Kopral Ramli. Jalan Sunan Derajat. Jalan Rukam (Buka jalan baru). Jalan Lettu Supriyanto. Jalan KS Tubun. Jalan Guru Muchtar. Jalan Kapten Sujono. Jalan Yunus Sanis. Jalan Aditiya Warman. Jalan Pangeran Antasari. Jalan HM Yusuf Nasri.

(hfz)